Cara Meningkatkan Leukosit Pada Bayi

Cara Meningkatkan Leukosit Pada Bayi – Leukosit yang rendah pada tubuh bayi lazim di istilahkan dengan neutropenia. Neutropenia ialah keadaan akan kurang nya jumlah sel darah putih yang terdapat di tubuh. Sel-sel nya sendiri di istilahkan dengan neutrophils. Neutrophils akan menolong tubuh melawan berbagai infeksi. Pada artikel kali ini kita akan membahas cara meningkatkan leukosit pada bayi.

Cara Meningkatkan Leukosit Pada Bayi

Cara Meningkatkan Leukosit Pada Bayi

Sebelum kita ketahui cara meningkatkan leukosit pada bayi, penyebab nya mesti ditemukan terlebih dahulu dan diobati supaya berhasil. Pada beberapa kasus yang ada, neutropenia (kekurangan leukosit) akan sembuh dengan sendirinya sebagaimana sumsum tulang kembali pulih kepada kondisi normal. Ketika sumsum tulang pulih, maka sel darah putih secara perlahan akan bisa kembali mencukupi kebutuhan tubuh. Pada kasus yang lainya.. Ketika neutrophils jumlahnya sedikit dan tak mencukupi kebutuhan tubuh maka beberapa langkah pengobatan berikut bisa direkomendasikan (Kedua hal dibawah ini bisa dilaksanakan di rumah sakit):

  • Minum obat yang menstimulasi produksi sel darah putih.
  • Mendapatkan donor intravenous immune globulin.

Penyebab Kurang nya Jumlah Leukosit Pada Bayi

Sel darah putih diproduksi di sumsum tulang. Mereka dilepaskan ke aliran darah dan berkelana liar kemanapun mereka inginkan. Jumlah neutrophils yang rendah dapat terjadi ketika sumsum tulang tak mampu memproduksi sel darah putih dalam jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada bayi, kasus yang sering terjadi ialah akibat adanya infeksi. Karena adanya infeksi di tubuh, maka sel darah putih akan lebih mudah terkuras. Faktor tersebut juga bisa mencegah sumsum tulang memproduksi neutrophils.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Leukosit Pada Anak

Kadang-kadang.. Seorang bayi tidak merasakan sakit apapun meski jumlah neutrophils di tubuh nya dalam jumlah yang rendah, belum diketahui kenapa hal itu bisa terjadi. Beberapa kelainan yang dialami oleh ibu hamil, seperti pre-eklampsia contohnya, dapat membuat bayinya terkena penyakit neutropenia. Pada beberapa kasus tertentu, ibu hamil memiliki antibody yang berimbas negatif terhadap produksi neutrophils di tubuh bayi. Antibody dari ibu hamil mengalir melalui plasenta sebelum masa persalinan, dan mengakibatkan bayinya mengalami alloimmune neutropenia. Dan di kasus yang lainya.. Permasalahan pada sumsum tulang yang dimiliki oleh bayi bisa juga membuat produksi sel darah putih nya menurun.

Cara Meningkatkan Leukosit Pada Bayi

Diposkan oleh Admin: Ganoderma Capsule Green World

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *