Fungsi Keping Darah Trombosit

Fungsi Keping Darah Trombosit – Fungsi trombosit atau platelet ialah untuk memperbaiki pembuluh darah kecil dan mencegah darah keluar dari tubuh dalam jumlah yang banyak. Ketika seseorang mengalami luka sayatan, platelet (keping darah trombosit) akan ke area pembuluh darah yang rusak lantas menutup nya. Keping darah trombosit atau platelet sama saja, hanya berbeda istilah atau penyebutan.

Fungsi Keping Darah Trombosit

Fungsi Keping Darah Trombosit

Ketika keping darah trombosit bersatu menggalang kekuatan di pembuluh darah yang terluka, maka keping darah trombosit akan melepaskan berbagai bahan kimia yang di istilahkan dengan “platelet factors”. Platelet factors tersebut menyatu dengan pembekuan darah didalam plasma untuk membuat tromboplastin. Perlu difahami, bahwa plasma sendiri berwarna kekuningan bagian cair yang terdapat didalam darah.

Baca Juga: Obat Jika Leukosit Rendah

Tromboplastin akan berinteraksi dengan bahan kimia lainya bersamaan dengan protrombin demi memproduksi “Trombin”. Trombin tersebut menggabungkan dengan fibrinogen untuk membuat benang-benang fibrin panjang, yang memproduksi mesh pada luka untuk menahan keping darah trombosit lainya. Ringkas nya, ini sebuah proses pembentukan sebuah “alat penyumbat” yang akan berfungsi menghentikan pendarahan.

Keping darah trombosit berukuran kecil, flexible, gumpalan lengket yang bisa kita serupakan dengan bentuk piring disaat mereka tak dipakai oleh tubuh. Ketika ada tubuh yang terluka atau tersayat, maka keping darah trombosit akan bereaksi dengan merubah bentuknya. Trombosit atau platelet terbuat dari sitoplasma di sumsum tulang. Tahukah Anda? Ternyata keping darah trombosit ini lebih kecil daripada leukosit dan sel darah merah. Seseorang dianggap sehat bila memiliki 150.000 hingga 300.000 keping darah trombosit per microliter darah di tubuh nya. Namun.. Ternyata, memiliki jumlah keping darah trombosit dalam jumlah melebihi batas ataupun kurang bisa mengakibatkan kesehatan memburuk.

Pembekuan darah hanyalah solusi sementara demi menghentikan pendarahan, namun perbaikan jaringanlah yang dibutuhkan. Interupsi kecil didalam endotelium yang ditangani oleh mekanisme fisiologis. Interupsi besar oleh trauma pembedahan. Fibrin akan dilarutkan oleh plasmin, fibrinolytic enzyme dan keping darah trombosit akan dibersihkan oleh fagositosis. Itulah sekilas penjelasan mengenai Fungsi Keping Darah Trombosit, semoga bisa menjadi jawaban pertanyaan siapapun.

Diposkan oleh admin Ganoderma Capsule

Fungsi Keping Darah Trombosit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *