Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi

Sel darah putih memiliki peranan yang penting dalam; Menjaga sistim imun di tubuh manusia, menghambat pertumbuhan virus, jamur dan berbagai bakteri. Ketika bakteri atau virus memasuki darah Anda, maka sel darah putih (leukosit) akan mengenalinya lantas menghancurkan partikel-partikel tersebut, yang mana dapat menghadirkan penyakit dalam tubuh kita. Inilah beberapa alasan, mengapa Anda bisa memiliki sel darah putih yang melimpah, atau (maaf) tidak normal. Kami akan memaparkan beberapa Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi, sebaiknya Anda simak hingga usai.

Belum tau leukimia itu apa..? Baca ini: Apa Sih Penyakit Leukimia Itu?

Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi

Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang TinggiSebelum kami memaparkan berbagai Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu beberapa alasan, sel darah putih dalam tubuh Anda bisa melebihi ambang batas. Inilah beberapa penyebabnya:

1. Terkena Infeksi

Infeksi dapat membuat virus atau bakteri menjadi berlipat ganda didalam aliran darah, sumsum tulang Anda memproduksi banyak sel darah putih untuk melawan infeksi. Infeksi juga bisa membuat tubuh menjadi terkena inflamasi atau peradangan, yang mana dapat membuat sel darah putih menjadi meningkat.

2. Akibat Merokok, atau Karena Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Pada intinya, PPOK sendiri berarti bahwa diri Anda memiliki penyakit atau kendala pada pernafasan, misalnya seperti: Emfisema atau bronkitis kronis yang mana membuat aliran pernafasan diri Anda menjadi terhambat. Hal tersebut biasanya dikarenakan oleh rokok, yang menghasilkan peradangan pada organ paru dan saluran udara dalam tubuh Anda. Ketika terdapat peradangan didalam saluran pernafasan dan organ paru, maka otomatis.. Tubuh kita akan memproduksi banyak sel darah putih (leukosit), untuk melawan peradangan tersebut.

3. Leukimia

Leukimia adalah kanker yang membuat tubuh Anda memproduksi sel darah putih secara melimpah, atau melebihi ambang batas normal. Sel darah putih yang terjangkit leukimia malah tidak banyak berbuat apapun, yang semakin membuat pasien kanker sel darah putih (leukimia) semakin berisiko terjangkit infeksi.

4. Gangguan Sistim Imunitas Tubuh

Beberapa gangguan imunitas tubuh seperti: “Graves atau Crohn’s Disease” bisa menaikan jumlah sel darah putih dalam tubuh Anda. Jika Anda memiliki gangguan tersebut, sebaiknya Anda rutin melaksanakan monitoring sel darah putih yang terdapat didalam tubuh.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kelebihan Sel Darah Putih Secara Alami

5. Stress

Ternyata.. Tingkat emosi yang terdapat seseorang, yang melebihi ambang batas dapat menaikan jumlah sel darah putih. Namun, kabar baiknya adalah.. Sel darah putih yang diakibatkan oleh stress berlebih akan kembali normal, ketika stress menghilang.

Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi Adalah

Makanan apakah yang dapat dikonsumsi dalam menurunkan leukosit yang tinggi? Ketahuilah, bahwasanya makanan bisa mempengaruhi tingkat sel darah putih yang terdapat didalam tubuh Anda. Untuk menjaganya agar tetap seimbang, sebaiknya Anda hindari makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak, kalori, gula, dan garam yang berlebih. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, layaknya: Vitamin C dan E, fiber, minyak ikan, kalsium, dan makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Makanan yang bisa memperbaiki atau menyembuhkan peradangan yang terdapat dalam tubuh adalah: Bawang putih, anggur, rempah-rempah, protein kacang kedelai, kacang-kacangan, olive oil, teh hitam dan teh hijau, dan juga cuka. Makanlah sayuran dan buah-buahan minimal 6 penyajian dalam sehari, yang mana hal tersebut akan memberikan dampak positif dalam menyeimbangkan sel darah putih Anda.

Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi lainya

Inilah beberapa rincian Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi lainya:

1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 termasuk kedalam golongan PUFA, yang diketahui berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung dan juga memaksimalkan aktifitas fagosit. Fagosit adalah jenis dari darah putih yang melindungi tubuh Anda dari serangan berbagai bakteri. Anda bisa temukan beberapa bahan makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 pada: Ikan salmon, ikan forel, dan ikan herring adalah makanan penurun leukosit tinggi, tapi juga tersedia dengan lengkap pada kenari dan benih lenan. Penelitian para ahli memberi kita informasi, bahwasanya asam lemak omega-3 TIDAK BAIK untuk dikonsumsi WANITA yang memiliki leukosit tinggi.

2. Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang melindungi sel darah putih dan merah, dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas akan membahayakan: Sel darah putih dan merah, protein, dan DNA. Mengonsumsi banyak bawang bombay, bawang daun, dan bawang putih baik untuk menurunkan sel darah putih. Selain bawang-bawangan, ada baiknya Anda konsumsi teh, sayur dan buah. Selain untuk menyeimbangkan kadar sel darah putih dalam tubuh, juga memiliki kegunaan dalam menyokong kesehatan imunitas pada tubuh kita.

3. Vitamin C

Vitamin C akan memberikan pertolongan pada tubuh yang terkena infeksi bakteri, jamur, ataupun virus. Semua buah yang memiliki kandungan vit. C tinggi, seperti: Jeruk, lemon, dan citrus sangat baik dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan vit. C dari buah-buahan untuk menurunkan leukosit tinggi, yakni: pepaya, berry, buah jambu dan pir. Untuk sayuran, Anda bisa konsumsi brokoli, wortel, kembang kol, kubis , dan paprika.

Itulah beberapa Makanan Untuk Menurunkan Leukosit yang Tinggi, sebaiknya Anda konsultasikan lebih lanjut lagi kepada dokter ahli yang menangani Anda, supaya mendapatkan hasil yang maksimal. Terimakasih atas perhatian Anda..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *